3 Hal Berkenaan Biaya Pendirian PT dan CV

3 Hal Berkenaan Biaya Pendirian PT dan CV ǀ Badan usaha minimal dua orang pendiri dan perorangan dengan biaya pendirian PT dan CV yang sangat terjangkau yang disahkan notaris.

Perusahaan yang telah terdaftar secara resmi sebagai PT atau CV akan sah dimata hukum. PT itu sendiri adalah sebuah badan hukum yang didirikan berdasar perjanjian dan lebih dari satu atau paling sedikit dua orang dalam menentukan besaran biaya pendirian PT dan CV.

Dalam UU No. 11 Tahun 2020 tentang Cipta Kerja diatur jenis badan hukum baru bahwa PT didirikan hanya dengan satu orang yaitu PT Perorangan. PT Perorangan ini pelaku usaha UMKM membentuk perseroan terbatas yang pendirinya cukup satu orang.

Baca Juga: Pentingnya Cara Menghitung Kepemilikan Saham Perusahaan

Hal yang Perlu Diketahui Mengenai Pendirian PT dan CV

Hingga saat ini masih banyak orang menduga biaya pendirian PT dan CV sangat tinggi, sehingga banyak badan usaha tidak mengurus legalitas usahanya. Sebenarnya biaya pendirian ini Masih tergolong terjangkau. Berikut 3 info terbaru biaya pembuatan PT dan CV yang perlu diketahui antara lain:

Pendirian PT dan CV Bagi Pemilik Modal yang Minim atau Skala Kecil

Bagi yang memiliki modal tidak begitu besar masih dapat mengupayakan mendapat biaya pendirian PT dan CV yang murah. Biaya pendirian PT dan CV mulai dari empat jutaan rupiah bagi perusahaaan berbudget menengah ke bawah atau skala kecil dengan modal awal Rp 204 juta hingga Rp 1 milyar.

Dengan biaya pembuatan PT dan CV sebesar 7 (tujuh) juta rupiah tersebut bisa mendapatkan akta pendirian dari notaris, SK pengesahan kemenkumham, NIB (Nomor Induk Berusaha), izin usaha, izin lokasi, NPWP, SKT pajak dan lain sebagainya.

Baca Juga: Syarat Membuat PT dan CV yang Perlu Dilengkapi

Pendirian PT dan CV Dilengkapi Sewa Virtual Office

Lain halnya dengan mencoba menggunakan layanan virtual offline, dimana pembuatan PT dan CV dilengkapi sewa virtual office meningkat menjadi mulai Rp 7 jutaan ke atas. Sedangkan biaya pendirian PT dan CV yang sudah berkantor kena biaya mulai dari Rp 5 juta ke atas.

Apabila tidak memiliki kantor, biaya pembuatan PT dan CV akan ditambah biaya sewa virtual office selama jangka waktu tertentu bahkan mendapat semua fasilitas selama masa sewa. Hal tersebut juga akan mendapatkan surat keterangan domisili berdasar lokasi virtual office yang dimiliki dengan sewa 1 tahun, biaya pendirian ini akan dikenakan biaya mulai Rp 7 jutaan ke atas.

Biaya tersebut akan tergantung dari penyedia jasa yang dipergunakan dan bukan berarti hanya melihat dari harga. Semua itu yang terpenting dapat memilih biaya urus legalitas usaha terpercaya dan mempunyai jejak rekam jelas.

Jangan ragu untuk mendirikan perusahaan legal dan dilindungi hukum apalagi biaya juga masih tergolong terjangkau untuk industri kecil. Saat ini banyak anak muda berani mendirikan perusahaan baik PT maupun CV hanya menggunakan layanan jasa pendirian yang jelas dan terhindar dari penipuan.

Baca Juga: Cara Urus Izin Usaha di Indonesia Yang Perlu Diketahui

Pendirian PT dan CV yang Diurus Secara Mandiri

Jika mengurus pendirian PT secara mandiri, biaya yang dikeluarkan lebih terjangkau, namun harus menyisihkan waktu untuk mengurus segala dokumen ke kantor instansi. Sekarang sudah banyak perusahaan menyediakan biaya mengurus legalitas usaha dengan bervariasi tergantung paket, sehingga tidak perlu repot mengurus sendiri.

Biaya pendirian PT dan CV

Pembuatan akta pendirian PT dan CV melalui jasa notaris, setiap notaris menetapkan biaya pendirian PT dan CV bagi usaha mikro, kecil dan menengah. Hal ini telah diatur dalam Permenkumham yang menjadi biaya pembuatan akta notaris menguras kantong ketika ingin mendirikan PT dan CV.

Apabila tidak memiliki modal yang terlalu besar, namun ingin memiliki usaha maka CV menjadi pilihan. CV atau Persekutuan Komanditer yaitu persekutuan firma yang memiliki satu atau beberapa orang sekutu komanditer. Biaya pendirian PT dan CV disesuaikan dengan modal yang disetorkan yang tercantum dalam akta pendirian.

Sekutu komanditer adalah sekutu yang hanya menyertakan uang, barang atau tenaga sebagai pemasukan dan tidak ikut campur dalam pengurusan ataupun penguasaan persekutuan. Tidak perlu repot mengurus perizinan dan lainnya dengan saat ini telah hadir beragam jasa penyedia layanan CV dengan harga atau biaya dipatok beragam tergantung paket yang dipilih.

Biaya pembuatan PT dan CV sebenarnya tidak terlalu berbeda dengan skala kecil berkisar Rp 1 jutaan hinga Rp 1,5 juta dan biaya pendirian lengkap mulai Rp 4 jutaan. Kisaran biaya pendirian ini sebenarnya tidak banyak berubah dari tahun sebelumnya.

Baca Juga: Kesalahan Pengusaha Pemula Sebelum Memulai Usaha

Terobosan terbaru yang diluncurkan Kemenhumkam untuk memberikan kemudahan bagi masyarakat, merupakan salah satu bentuk Perseroan Terbatas (PT) yang didirikan oleh satu orang tanpa besaran modal. Hal ini dipergunakan oleh para pelaku usaha mikro dan kecil.

Mekanisme biaya pendirian tersebut bisa dengan mengakses AHU Online, tinggal mencantumkan KTP dan NPWP serta mengisi menu untuk mendirikan Perseroan Perorangan. Sehingga hanya dengan Rp 50 ribu, masyarakat sudah dapat mendirikan Perseroan Perorangan.

Apa Saja Rician Pembuatan PT dan CV

Apa saja yang dikenakan pada biaya pendirian PT dan CV pada para pemilik usaha yaitu pendaftaran, dengan melakukan pengecekan dan pemesanan nama, akta pendirian, SK Kemenkumham, berita negara, NPWP/SKT Pajak, NIB/TDP, izin usaha.

Pendaftaran perubahan PT dan CV akan dikenakan biaya, dikarenakan adanya perubahan pada data yang dimiliki oleh PT dan CV tersebut. Hal ini juga bagi Perseroan perorangan merupakan usaha pemerintah untuk memberikan kemudahan kepada masyarakat dalam memulai usaha yang berbadan hukum.

Perbaikan data PT dan CV akan dikenakan biaya pembuatan, dikarenakan akan menghapus data yang terdahulu dan menggantinya dengan data yang baru. Hal ini juga berlaku bagi perseroan perorangan yang memiliki kriteria usaha kecil dan mikro.

Baca Juga: Perbedaan PT dengan CV Secara Umum

Kesimpulan

Pendirian PT dan CV di Indonesia melibatkan biaya yang perlu diperhitungkan dengan cermat. Modal dasar yang harus disetor adalah salah satu faktor yang membedakan biaya pendirian PT dan CV. Selain itu, biaya notaris, biaya pengurusan dokumen, dan biaya terkait izin dan perizinan juga harus diperhitungkan.

Penting untuk mencatat bahwa biaya-biaya ini dapat bervariasi tergantung pada banyak faktor, termasuk besarnya modal, kompleksitas dokumen, dan jenis usaha yang Anda jalankan. Sebelum memulai proses pendirian, sangat disarankan untuk berkonsultasi dengan seorang ahli hukum atau konsultan bisnis yang berpengalaman untuk mendapatkan perkiraan biaya yang lebih akurat dan panduan yang sesuai dengan situasi Anda.

Dengan perencanaan yang baik dan pemahaman yang mendalam tentang biaya pendirian PT dan CV, Anda dapat memulai bisnis Anda dengan lancar dan mematuhi peraturan yang berlaku. Qlausul hadir memberikan solusi bagi pemilik bisnis hingga investor.

Layanan kami mencakup perizinan dan digital marketing yang bisa dipilih sesuai kebutuhan. Jika perusahaan Anda membutuhkan jasa perizinan maka Qlausul adalah pilihan yang tepat. Silahkan hubungi tim kami melalui +62 851 7326 1177 atau email hello@qlausul.com untuk mendapatkan konsultasi secara gratis.

Author

Dienra

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Open chat
Powered by Qlausa
Selamat datang di Qlausul, ada yang bisa kami bantu ?