5 Kesalahan Pengusaha Pemula Sebelum Memulai Usaha

5 Kesalahan Pengusaha Pemula Sebelum Memulai Usaha ǀ Kesalahan pengusaha pemula dapat menyebabkan usaha tidak dapat berimbang dan bahkan gulung tikar. Apabila ingin atau sedang membangun bisnis, sebaiknya mencari tahu kesalahan yang dapat menganggu perkembangan bisnis.

Banyaknya potensi usaha saat ini menjadikan mencari kegiatan yang dapat dijadikan sumber penghasilan utama. Bahkan tidak jarang para karyawan kantoran banting stir ke bisnis. Apalagi adanya kemudahan mendapat informasi di era digital menjadikan salah satu alasan membuka usaha.

Kemunculan  jenis usaha saat ini dipandang sangat menjanjikan bagi yang ingin memulai usaha sendiri. Strategi bisnis yang tepat akan mendapatkan penghasilan yang akan sangat cukup untuk kebutuhan hidup setiap hari.

Kesalahan Pengusaha Pemula Sebelum Memulai Usaha

Alasan Pentingnya Memulai Usaha atau Bisnis

Dalam memulai usaha/bisnis, para pengusahs pemula mempunyai alasan yang dianggap penting yaitu:

1. Mudah dalam Mencari Ide

Dalam era digital saat ini bahwa informasi dapat dengan mudah diperoleh buat siapa saja yang ingin memulai usaha. Banyak referensi yang dapat ditemukan di internet dan tidak ada alasan bagi orang tidak mau membuka bisnis karena kendala ide.

2. Ruang Kreasi yang Lebih Luas

Dalam bisnis akan dengan bebas melakukan berbagai macam kreasi. Lain apabila ingin menjadi seorang karyawan kantoran yang setiap hari dihadapkan pada berbagai macam aturan yang dibuat perusahaan.

Ruang kreasi yang bebas saat bisnis membuat pikiran menjadi lebih tenang dibanding bekerja kantoran dengan aturan dan tekanan. Memulai bisnis dapat memberikan tambahan kepercayaan diri.

3. Peluang yang Besar

Memiliki visi dan kejelian dalam melihat peluang saat memulai melakukan usaha atau bisnis.  Pengalaman demi pengalaman akan diterima sampai akhirnya ditemukan pola bisnis yang terbaik.

Sebagai pengusaha pemula tidak perlu menunggu serta menguasai hal tersebut, namun kejelian dalam bisnis akan muncul saat terjun sendiri dalam bentuk layanan menjalani usaha atau bisnis.

Baca Juga: Membangun Bisnis: Peran Legalitas dan Lisensi

Kesalahan Pengusaha Pemula dalam Memulai Usaha atau Bisnis

Memulai dan bertahan dalam bisnis merupakan hal yang berbeda yang dibutuhkan perencanaan dan strategi yang tepat. Dalam memulai usaha lebih baik menghindari beberapa kesalahan bisnis pemula yang wajib dihindari yaitu:

1. Perencanaan Bisnis yang Kurang Matang

Perencanaan yang kurang matang dapat menyebabkan gagalnya bisnis dan tidak tahu target pasar produk atau jasa yang ditawarkan dengan tidak memiliki strategi pemasaran yang tepat. Hal tersebut bisa menjadi kesalahan pengusaha pemula.

Dalam menghadapi tantangan terbesar yang menyebabkan tersendatnya perkembangan usaha adalah tidak memiliki rencana cadangan bahkan sebelum memulai usaha atau bisnis.

Menentukan produk dan/jasa yang ingin ditawarkan dengan cara penjualan dan pemasaran yang tepat. Melakukan penjualan secara offline atau online atau keduanya dengan melakukan modal guna persiapan memulai bisnis sampai rencana cadangan.

2. Tujuan Berbisnis Tidak Jelas

Suatu kegiatan usaha akan berjalan dengan lebih teratur dan lancar dengan adanya tujuan dalam berbisnis. Apabila tidak mempunyai tujuan berbisnis, maka masalah yanga akan dihadapi cepat bosan, malas-malasan bahkan mencoba mengakhiri.

3. Terlambat Memutuskan Berbisnis

Kesalahan pengusaha pemula jangan sampai terlambat memulai usaha saat sudah mempunyai tujuan dan perencanaan yang matang. Bisnis yang semakin cepat realisasi, maka semakin cepat pula mengejar pasar.

Kesalahan pengusaha pemula bila menunda waktu dalam mewujudkan bisnis, bahkan terlambat memulai usaha. Pasar yang sudah dikuasai kompetitor, maka peluang bersaing akan sangat sulit.

4. Pengelolaan Keuangan yang Berantakan

Pengelolaan keuangan untuk bisnis dengan skala kecil tidak akan terlalu rumit. Namun apabila memegang usaha dalam skala cukup besar maka manajemen keuangan menjadi sangat penting.

Pengelolaan keuangan yang baik akan dapat melihat berbagai aspek keuangan seperti modal dan lain sebagainya. Oleh karena itu, dengan pengelolaan keuangan yang baik akan membuat perusahaan mengambil keputusan lebih akurat.

Pengelolaan keuangaan yang baik membuat perusahaan mengambil keputusan lebih akurat. Usaha dapat berjalan dengan lancar memiliki sistem pengelolaan keuangan yang baik. Kesalahan pengusaha pemula setelah mendapatkan laba atau keuntungan dari hasil usahanya langsung dibelanjakan. Padahal hasil usaha itu dapat dijadikan tambahan modal untuk meningkatkan usaha.

Baca Juga: Tips Mengelola Keuangan Bisnis

5. Tidak Menerima Saran dan Kritik

Langkah penting dalam berbisnis adalah terbuka pada saran dan kritik yang dapat membangun bisnis menjadi lebih bagus. Apabila hal tersebut diabaikan akan menjadi salah satu tanda bahwa termasuk pebisnis yang tidak mau berkembang dan angkuh.

Orang yang tidak menerima kritik dan saran hanya akan membuat bisnis tidak berkembang. Namun begitu juga menerima saran dan kritik yang selektif. Dapat memilih saran dan kritik yang dapat meningkatkan kelangsungan usaha dan dapat memberikan manfaat.

Kesalahan pengusaha pemula tidak mau menerima saran dan kritik karena dianggap persaingan usaha. Padahal bisa jadi hal itu dapat meningkatkan omset usaha.

6. Mengabaikan Urusan Legalitas

Para pengusaha pemula biasanya banyak yang mengabaikan soal urusan kelengkapan legalitas. Padahal pentingnya mengurus kelengkapan legalitas bertujuan untuk membuat aktivitas bisnis lebih aman dan nyaman. Bahkan jika suatu hari nanti ingin mengakselerasi bisnisnya, kelengkapan legalitas ini sebagai kekuatan untuk membuat bisnis terus bertumbuh dan mendapatkan investor.

Tentunya, sebagai pengusaha pasti menginginkan bisnis atau usahanya terus bertumbuh. Ambil langkah yang tepat demi kenyamanan dan keamanan berbisnis agar di kemudian hari tidak ada masalah. Nah, biasanya banyak yang mengabaikan beberapa hal seperti pendaftaran merek dan belum memiliki izin usaha.

Jadi, sudahkah usaha yang dijalankan memiliki legalitas yang lengkap? Sebelum terlambat dan dikemudian hari akan menjadi persoalan, lebih baik urus legal sekarang dan hal ini bisa dijadikan alasan menggunakan jasa urus legalitas usaha.

Baca Juga: Jasa Urus Perizinan Usaha di Indonesia

Kesimpulan

Memulai bisnis adalah langkah yang menantang dan memerlukan perencanaan yang matang. Pengusaha pemula sering kali membuat kesalahan yang dapat menghambat kesuksesan mereka sebelum mereka bahkan memulai.

Untuk menghindari kesalahan tersebut, luangkan waktu untuk merancang rencana bisnis yang komprehensif, memiliki tujuan bisnis yang jelas, perencanakan keuangan yang cermat, tidak menerima saran dan kritik, mengurus legalitas usaha, dan persiapkan strategi pemasaran yang efektif. Dengan persiapan yang baik dan pemahaman yang kuat tentang bisnis, Anda akan memiliki peluang lebih besar untuk mencapai kesuksesan dalam dunia bisnis.

Qlausul hadir memberikan solusi bagi pemilik bisnis hingga investor. Layanan kami mencakup perizinan dan digital marketing yang bisa dipilih sesuai kebutuhan. Jika perusahaan Anda membutuhkan jasa perizinan maka Qlausul adalah pilihan yang tepat. Silahkan hubungi tim kami melalui +62 851 7326 1177 atau email hello@qlausul.com untuk mendapatkan konsultasi secara gratis.

Author

Dienra

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Open chat
Powered by Qlausa
Selamat datang di Qlausul, ada yang bisa kami bantu ?