Growth Mindset Vs Fixed Mindset: Siapa Yang Lebih Sukses Dalam Berbisnis?

Growth Mindset Vs Fixed Mindset: Siapa yang Lebih Sukses dalam Berbisnis?

Ketika memutuskan untuk memulai bisnis, mentalitas individu dapat menjadi salah satu faktor penentu keberhasilan. Dalam konteks ini, ada dua mentalitas utama yang sering dibicarakan: growth mindset (mentalitas pertumbuhan) dan fixed mindset (mentalitas tetap). Artinya, pandangan individu terhadap potensi perkembangan pribadi mereka dapat memiliki dampak signifikan pada kemampuan mereka untuk berhasil dalam dunia bisnis yang kompetitif. Artikel ini akan menggali kedua mentalitas ini, memahami perbedaannya, dan menjelaskan mengapa memiliki growth mindset sering kali dianggap lebih menguntungkan dalam berbisnis.

Growth Mindset Vs Fixed Mindset

Apa Saja Karakteristik dari Growth Mindset dan Fixed Mindset dalam Berbisnis?

Pada dasarnya, growth mindset dan fixed mindset adalah dua cara pandang yang berbeda tentang bagaimana seseorang mengembangkan keterampilan dan kemampuan. Orang-orang dengan growth mindset percaya bahwa selalu ada peluang untuk meningkatkan keterampilan dan kemampuan melalui usaha dan latihan.

Sementara itu, orang-orang dengan fixed mindset percaya bahwa keterampilan dan kemampuan seseorang telah tertanam sejak lahir, dan hanya sedikit yang dapat dilakukan untuk mengubahnya.

Orang-orang dengan growth mindset cenderung lebih sukses dalam bisnis daripada orang-orang dengan fixed mindset. Hal ini disebabkan oleh beberapa faktor, di antaranya:

1. Selalu Berusaha untuk Meningkatkan Keterampilan dan Kemampuan

Orang-orang dengan growth mindset selalu berusaha untuk meningkatkan keterampilan dan kemampuan mereka. Mereka tidak takut gagal atau mengalami masalah, karena mereka tahu bahwa hal tersebut merupakan bagian dari proses belajar.

2. Cenderung Fleksibel dan Terbuka untuk Beradaptasi

Orang-orang dengan growth mindset cenderung lebih fleksibel dan terbuka untuk beradaptasi dengan lingkungan bisnis yang berubah. Mereka menerima setiap tantangan sebagai peluang untuk tumbuh dan belajar.

3. Lebih Kreatif dalam Menyelesaikan Masalah Bisnis

Orang-orang dengan growth mindset cenderung lebih kreatif dalam menyelesaikan masalah bisnis, karena mereka terbuka untuk melihat lintasan berpikir yang berbeda dan menerapkan ide baru.

4. Lebih Sukses dalam Melakukan Networking Karena Ingin Belajar Hal Baru

Orang-orang dengan growth mindset cenderung lebih sukses dalam melakukan networking karena mereka mudah bergaul dan ingin belajar hal baru dari orang lain, serta membangun hubungan yang positif dan saling menguntungkan.

Baca Juga: Menjadi Pemenang di Era Digital dengan Growth Mindset

Bagaimana Pengaruh dari Growth Mindset dan Fixed Mindset Terhadap Kinerja dan Hasil Bisnis?

Pengaruh dari growth mindset dan fixed mindset terhadap kinerja dan hasil bisnis sangatlah besar. Banyak para entrepreneur yang berhasil dalam bisnisnya karena memiliki growth mindset, yaitu mereka percaya bahwa segala sesuatu bisa diperbaiki dan dioptimalkan.

Mereka tidak pernah puas dengan hasil yang telah didapatkan, sehingga selalu berusaha untuk meningkatkan kualitas produk atau jasa yang mereka tawarkan. Hal ini tentunya akan sangat bermanfaat bagi perkembangan bisnis mereka.

Sedangkan, para entrepreneur yang memiliki fixed mindset cenderung hanya puas dengan apa yang telah mereka capai. Mereka tidak berusaha untuk meningkatkan kualitas produk atau jasa yang mereka tawarkan, sehingga bisnis mereka pun akhirnya stagnan. Oleh karena itu, penting untuk memilih mindset yang tepat agar bisnis Anda dapat berkembang dengan baik.

Baca Juga: Contoh Growth Mindset dalam Dunia Usaha

Bagaimana Cara Mengubah Fixed Mindset Menjadi Growth Mindset dalam Berbisnis?

Mindset yang positif dan optimis tentang kemampuan seseorang untuk berkembang dan berubah merupakan ciri khas dari growth mindset. Orang-orang dengan growth mindset tidak hanya percaya bahwa mereka dapat meningkatkan keterampilan dan pengetahuan, tapi juga yakin bahwa usaha keras akan membawa hasil positif. Growth mindset juga memberikan kesempatan bagi seseorang untuk terus berusaha walaupun mengalami kegagalan.

Sebaliknya, fixed mindset adalah pandangan negatif tentang seberapa baik seseorang bisa berubah atau berkembang. Orang-orang dengan fixed mindset percaya bahwa apa yang dimiliki saat ini sudah cukup untuk membuat mereka sukses – baik itu skill, pengetahuan, ataupun keterampilan. Fixed mindset juga seringkali menyebabkan orang-orang menyerah dengan mudah ketika menghadapi tantangan atau hambatan.

Oleh karena itu, untuk dapat sukses dalam berbisnis, penting bagi Anda untuk beralih dari fixed mindset ke growth mindset. Beberapa caranya adalah sebagai berikut:

1. Ubah Cara Pandang Menjadi Lebih Positif

Setiap saat ketika Anda merasa negatif atau kurang yakin akan kemampuan sendiri, cobalah untuk mengganti pikiran tersebut dengan yang lebih positif. Hal ini akan membuat Anda lebih mampu menghadapi tantangan dan mengambil risiko.

2. Berfokus Pada Proses Bukan Hasil

Fokuslah pada proses tanpa teralihkan oleh hasil yang diharapkan. Jika Anda memusatkan perhatian pada prosesnya, maka hasilnya pun akan datang secara otomatis. Ini juga akan membantu Anda untuk tetap fokus dan bersemangat meski tidak mendapatkan hasil yang diinginkan.

3. Cari Pelajaran dari Kegagalan

Setiap kegagalan bisa menjadi peluang untuk belajar dan berkembang. Coba cari pelajaran dari setiap kegagalan, lalu pikirkan bagaimana Anda bisa menggunakan pengetahuan baru tersebut untuk maju ke depannya.

4. Berfokus pada Kemampuan dan Keterampilan yang Dimiliki

Jangan lupa untuk berfokus pada keterampilan dan kemampuan yang telah dimiliki sebelumnya juga. Ini akan membantu Anda untuk mencapai tujuan dengan lebih mudah dan efektif.

Baca Juga: Growth Mindset: Definisi, Manfaat, dan Cara Melatihnya

Kesimpulan

Itulah perbedaan growth mindset dan fixed mindset. Sebagian besar orang memiliki pandangan yang salah tentang apa yang membuat seseorang sukses dalam bisnis. Mereka berpikir bahwa seseorang harus memiliki mindset fixed untuk mencapai kesuksesan. Namun, faktanya adalah, seseorang yang berhasil dalam bisnis sebenarnya adalah mereka yang memiliki growth mindset.

Orang-orang dengan growth mindset tidak takut gagal dan selalu berusaha untuk belajar dan meningkatkan diri. Mereka juga lebih terbuka untuk menerima masukan dan feedback. Jadi, jika Anda ingin sukses dalam bisnis, mulailah dengan mendapatkan growth mindset!

Qlausul hadir memberikan solusi bagi pemilik bisnis hingga investor. Layanan kami mencakup perizinan dan digital marketing yang bisa dipilih sesuai kebutuhan. Jika perusahaan Anda membutuhkan jasa perizinan maka Qlausul adalah pilihan yang tepat. Silahkan hubungi tim kami melalui +62 851 7326 1177 atau email hello@qlausul.com untuk mendapatkan konsultasi secara gratis.

Author

Qlausul

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Open chat
Powered by Qlausa
Selamat datang di Qlausul, ada yang bisa kami bantu ?