Jasa Urus Perizinan Usaha di Indonesia

Jasa Urus Perizinan Usaha di Indonesia ǀ Keberadaan jasa urus perizinan usaha di Indonesia sudah cukup banyak, dikarenakan kini telah dipermudah oleh pemerintah. Perusahaan yang telah berjalan dengan baik dan lancar serta meningkatkan roda perekonomian masyarakat sudah semakin banyak.

Semakin meningkatnya roda perekonomian masyarakat dengan terbukanya lowongan pekerjaan secara tidak langsung mengurangi angka pengangguran di Indonesia. Jasa urus perizinan dari penyedia layanan sebagai salah satu bentuk mempercepat, mempermudah dan membantu para pelaku usaha mendirikan perusahaan.

Bisnis biro jasa urus perizinan ini melayani perizinan yang diterbitkan oleh Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) dan instansi lain seperti kementerian dan Pemda. Hal ini menjadi solusi bagi para pelaku usaha atau calon investor dalam membuka usaha baru atau perpanjangan surat izin usaha.

Pengertian Jasa Urus Perizinan

Jasa urus perizinan sebagai salah satu solusi para pelaku usaha dalam melakukan pendirian badan usaha dan mengurus izin usaha baru kaitannya dengan perusahaan itu sendiri. Jasa ini biasanya dijalankan oleh tim profesional sesuai konsep usaha yang sehat dalam memberikan pelayanan jasa terbaik.

Walau hanya pengusaha atau pedagang dengan skala kecil atau menengah, alangkah baiknya memiliki izin usaha dengan menyerahkan ke jasa urus perizinan guna mengurus surat izin. Waktu pengurusan yang lebih cepat menjadi nilai plus bagi biro jasa urus perizinan bagi para pelaku usaha atau calon investor.

Pengurusan izin pendaftaran modal di BKPM standar jasa urus perizinan sekitar 10 sampai 20 hari kalau paket PMA (Penanaman Modal Asing). Pengurusan dari akta pendirian perusahaan dari notaris, domisili perusahaan dari Pemda, NPWP perusahaan dari kantor pajak sampai pengesahan nama dan bentuk usaha dari Kemenkumham.

Waktu pengurusan dari jasa urus perizinan lebih cepat daripada mengurus sendiri yang bisa sampai 10 bulanan. Hal ini dikarenakan penyedia jasa tersebut sudah mempunyai jaringan orang dalam di BKPM.

Proses perizinan sebenarnya standar, namun dikarenakan kenal maka dapat minta diprioritaskan dan dapat dikerjakan dari kantor langsung melalui komunikasi fax atau email dengan petugas di masing-masing instansi.

Jasa urus perizinan ini selain jaringan yang sudah dimiliki juga bergerak cepat dikarenakan prioritas dari banyaknya pihak yang diurus perizinannya. Jasa ini mengurus beberapa orang sekaligus maka lebih cepat daripada urus perseorangan.

Jasa Urus Perizinan Usaha di Indonesia

Paket pengurusan izin pun dapat berbeda-beda antara penyedia jasa urus perizinan begitu pula tarif yang dikenakan. Dari fasilitas dan layanan yang diberikan memiliki biaya yang cukup terjangkau, legalitas terjamin, proses cepat dan dokumen dapat diambil.

Penyedia jasa urus perizinan sudah banyak dan mudah ditemukan baik secara online maupun offline. Namun juga para pengguna harus memperhatikan jasa tersebut dengan baik  dimana jasa tersebut dapat membantu dan bekerja dengan baik atau tidak.

Apabila akan melakukan kegiatan usaha seperti penanaman modal asing (PMA) atau penanaman modal dalam negeri (PMDN), oleh karenanya izin BKPM wajib dimiliki. Hal ini sesuai dengan peraturan terbaru tentang pedoman dan tata cara izin prinsip penanaman modal (Perka BKPM) yang dibuat BKPM No. 14 Tahun 2015.

Baca Juga: Membangun Bisnis: Peran Legalitas dan Lisensi

Jasa Urus Perizinan di Indonesia

Terdapat beberapa cara urus izin usaha di Indonesia yang disediakan jasa pengurusannya yaitu:

1. Mengurus NPWP Pemilik/Pendiri Perusahaan

Apabila salah satu pemilik saham sebuah badan hukum (PT atau Koperasi), maka para pendiri harus memiliki NPWP atas nama pemilik perusahaan yang akan dilampirkan pada persyaratan perizinan usaha.

Keunggulan dari badan usaha berbadan hukum bahwa dapat punya anak perusahaan yang mencantumkan nama PT atau Koperasi sendiri sebagai orang tuanya tanpa bergantung pada para pemilik dari PT atau Koperasi itu sendiri.

2. Membuat Akta Pendirian Perusahaan atau Koperasi Dihadapan Notaris

Selama menyiapkan surat kuasa kepada orang yang mewakili para pendiri, maka para pendiri tidak perlu menghadap langsung kepada notaris. Struktur organisasi, nama perusahaan, daftar pemilik, komposisi saham dari masing-masing pemilik, bidang usaha sesuai KBLI perlu disampaikan kepada notaris.

Format akta pendirian PT secara umum mengikuti pedoman dalam Undang-Undang No. 40/2007 tentang Perseroan Terbatas (UUPT), sedang Koperasi pada UU No. 25/1992 tentang Perkoperasian.

Dokumen yang diminta tercantum Anggaran Dasar Perusahaan, pengambil keputusan strategis, penggantian direksi atau pengurus, pengalihan kepemilikan sahan atau kenggotaan (Koperasi).

3. Akta Pendirian Perusahaan Didaftarkan

Pendaftaran yang dilakukan oleh notaris ke Kementerian Hukum dan HAM RI yang kemudian disahkan dengan Surat Keputusan Pengesahan Pendirian Badan Hukum. Para pendiri atau pemilik perusahaan hanya perlu menunggu dan proses sepenuhnya dikerjakan notaris.

Proses pengesahan dapat berlangsung secara online oleh Kementerian Hukum dan HAM RI, dengan dokumen Surat Keputusan Pengesahan Pendirian Badan Hukum hanya berupa 1-2 lembar menyatakan telah resmi dan sah berdiri sebuah perusahaan yang tercatat di Berita Negara dan tercantum daftar nama direksi/pengurus dan komisaris/pengawas perusahaan (PT/Koperasi).

4. Mengurus NPWP Nama Badan Usaha

Penyedia jasa pengurusan izin dan notaris menerima paket layanan sampai pengurusan NPWP atas nama badan hukum. Namun untuk lebih hemat hanya mengambil paket jasa hanya mencakup penyusunan dokumen akta pendirian perusahaan dan Surat Keterangan Pengesahan dari Kementerian Hukum dan HAM RI.

NPWP atas nama badan usaha dapat diurus sendiri ke Kantor Pelayanan Pajak sesuai domisili perusahaan. Akta pendirian, SK Pengesahan dan NPWP atas nama badan usaha, selanjutnya mengurus pembukaan rekening atas nama perusahaan.

Dalam hal ini penting guna mendukung kerjasama bisnis dengan investor maupun pembeli (buyer) besar seperti kerjasama perdagangan eksport import. Transaksi ini menggunakan rekening atas nama perusahaan.

5. Mengurus NIB (Nomor Induk Berusaha)

Pendiri perusahaan dapat mengurus sendiri secara online di lembaga OSS yang dikelola oleh Badan Koordinasi Penanaman Modal. Jasa urus perizinan dapat memberikan layanan sampai pengurusan perizinan dasar berupa NIB ini.

Beberapa bisang tertentu terkait dengan perdagangan dan jasa umum membutuhkan izin SIUP, namun NIB ini juga otomatis berfungsi sebagai Izin Usaha SIUP, Angka Pengenal Import, Angka Pengenal Eksport dan Tanda Daftar Perusahaan.

Baca Juga: 4 Syarat Formil Pendirian PT Dalam Undang Undang Cipta Kerja

Kesimpulan

Jasa urus perizinan usaha merupakan solusi yang sangat berguna bagi pengusaha yang ingin menjalankan bisnis di Indonesia tanpa hambatan perizinan yang rumit. Mereka membantu pengusaha menghemat waktu, memastikan kepatuhan hukum, dan meningkatkan peluang bisnis. Dengan menggunakan jasa urus perizinan usaha yang tepat, pengusaha dapat lebih fokus pada pengembangan bisnis mereka dan mencapai kesuksesan yang lebih besar.

Qlausul hadir memberikan solusi bagi pemilik bisnis hingga investor. Layanan kami mencakup perizinan dan digital marketing yang bisa dipilih sesuai kebutuhan. Jika perusahaan Anda membutuhkan jasa perizinan maka Qlausul adalah pilihan yang tepat. Silahkan hubungi tim kami melalui +62 851 7326 1177 atau email hello@qlausul.com untuk mendapatkan konsultasi secara gratis.

Author

Dienra

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Open chat
Powered by Qlausa
Selamat datang di Qlausul, ada yang bisa kami bantu ?