Tips Memilih Nama Perusahaan untuk Bisnis

Tips Memilih Nama Perusahaan Untuk Bisnis ǀ Tips memilih nama perusahaan yang tepat saat memulai bisnis akan memiliki pengaruh dan dampak dalam kelangsungan bisnis. Apabila dalam memberikan nama kurang tepat, hal ini dikarenakan terkoneksi dengan konsumen.

Memulai suatu bisnis membutuhkan dua faktor penting yaitu skill dan mindset entrepeneur. Dengan adanya mindset entrepreneur ini sangatlah penting, dikarenakan akan menjadi motivasi untuk selalu produktif dan melakukan inovasi baru menciptakan peluang usaha.

Salah satu masalah yang cukup besar di Indonesia adalah pengangguran, ada baiknya tidak lagi mindset mencari pekerjaan dan mengubah menjadi menciptakan pekerjaan. Hal ini dikarenakan penyedia lapangan pekerjaan yang akan menampung para pencari pekerja juga terbatas.

Strategi yang Tepat Demi Pengembangan Bisnis di Masa Mendatang

Para pelaku usaha tidak overthinking pada saat memilih nama bisnis dan memilih yang terdengar keren dan unik, sehingga dapat membedakan dengan lainnya sebagai salah satu syarat pendirian PT. Oleh karenanya tips memilih nama perusahaan memerlukan strategi yang tepat demi pengembangan bisnis di masa mendatang.

Baca Juga: Apa Saja Syarat Pendaftaran Merek? Berikut Prosedur dan Caranya

Tips Memilih Nama Perusahaan atau Bisnis

Dalam memilih nama bisnis dapat menjadi sesuatu yang terasa sulit. Biasanya nama bisnis menggambarkan produk atau layanan bisnis guna menyampaikan etika, nilai dan tujuan didirikannya bisnis.

Apabila sudah memastikan menginginkan nama perusahaan yang dapat menarik banyak pembeli, ada beberapa tips memilih nama perusahaan yaitu:

1. Singkat dan Sederhana

Sebuah nama perusahaan akan selalu dipergunakan dalam mempromosikan produk dan layanan, sehingga perlu tips memilih nama perusahaan yang singkat agar mudah diingat. Maksimal tiga suku kata dan terdiri dari kurang lebih sepuluh huruf sehingga mudah diucapkan.

Dapat memastikan nama perusahaan terdengar bagus dan jelas saat diucapkan dengan lantang. Apabila melafalkannya terlalu sulit dapat mempengaruhi popularitas pencarian suara, sehingga pikirkanlah nama yang mudah diucapkan.

2. Menggunakan Kata Kunci pada Nama Domain

Melakukan riset dengan menambahkan kata kunci ke dalam domain agar website perusahaan dapat muncul di halaman pencarian Google. Pengguna internet banyak memilih mengklik domain atau link yang memuat satu kata yang cocok.

Hindari menggunakan tanda hubung dan angka di nama domain. Karena hal ini akan cukup sulit mengeja dan mengucapkan domain. Hal ini juga dapat melanggar pedoman kualitas Google apabila terlalu banyak menggunakan kata kunci.

Tips Memilih Nama Perusahaan Untuk Bisnis

3. Menyesuaikan Nama Perusahaan dengan Identitas Brand

Nama perusahaan menjadi salah satu aspek penting dalam branding dengan tujuan utamanya guna mencerminkan bisnis dan usaha yang dijalani serta nilai-nilai perusahaan dan produk yang dijual.

Pada awal bisnis lebih mengedepankan produk yang ramah lingkungan dengan kaitannya hal-hal organik dan pemberdayaan lingkungan alam. Dapat menerapkan psikologi marketing dan prinsip bidang bisnis yang ditekuni.

Baca Juga: Menavigasi Legalitas Bisnis Internasional

4. Menyiapkan Beberapa Alternatif Nama Perusahaan

Menggunakan generator nama perusahaan sebagai alternatif nama yang sudah dilengkapi dengan teknologi AI. Hal ini sangat membantu mencari opsi nama perusahaan berdasar kata kunci yang dimasukkan.

Mengetikkan kata kunci atau kosakata yang mencerminkan identitas dan tujuan bisnis yang nantinya menampilkan daftar nama perusahaan yang dapat dipilih. Dapat mengedit hasil nama yang dihasilkan tool ini, sehingga lebih kreatif dan menciptakan nama yang unik.

Pertimbangkanlah konsumen utama dengan target pasar lokal dengan menggunakan nama perusahaan yang tidak memiliki arti dan kesan negatif. Beberapa ide nama perusahaan dapat lebih obyektif memilih nama sesuai dengan nilai penting perusahaan dan kebutuhan.

5. Mengecek Ketersediaan Nama Perusahaan

Apabila nama yang diinginkan sudah dipergunakan dapat memilih nama yang sesuai dengan mengecek ketersediaan nama tersebut dan memastikan belum dipergunakan sama sekali oleh bisnis  atau brand lain dalam tips memilih nama perusahaan.

Apabila nama perusahaan yang dipilih belum pernah dipergunakan, dapat langsung didaftarkan sebagai domain website dan mengklaim kepemilikan nama tersebut sebagai nama toko online website. Hal tersebut sebagai salah satu tips memilih nama perusahaan.

Baca Juga: 3 Alasan Menggunakan Jasa Urus Legalitas Usaha

6. Mendaftarkan Nama Perusahaan

Segera daftarkan nama perusahaan agar resmi menjadi pemilik nama tersebut. Seperti dalam hal bisnis online yang perlu membeli nama domain dan membuat akun email serta media sosial dengan nama tersebut.

Aspek Penting dalam Memilih Nama Perusahaan

Ada beberapa aspek penting dalam memilih nama perusahaan yaitu:

Pertama, pikirkan identitas perusahan, ide nama perusahan atau nama toko online yang dapat mencerminkan nilai produk yang dijual dengan cara memikirkan kosa kasa atau frasa yang mudah dikenal.

Kedua, perlu persiapkan beberapa opsi pilihan, sudah banyaknya software dan tool generator ide nama perusahaan agar dapat lebih hemat waktu dan banyak pilihan nama.

Ketiga, mengecek ketersediaan nama perusahaan menggunakan tool online pencari domain guna memastikan nama perusahaan masih tersedia dan belum dipergunakan di media sosial atau platform online lain.

Keempat, mendaftarkan nama perusahaan. Apabila telah menemukan nama perusahaan yang cocok dengan visi dan misi perusahaan dapat langsung daftarkan nama domainnya.

Itulah tips memilih nama perusahaan, bisa konsultasikan dengan team Qlausul ya untuk lebih detailnya. Qlausul akan bantu semua urusan legalitas dan perizinan usaha yang aman agar berbisnis menjadi nyaman.

Baca Juga: Jasa Urus Perizinan Usaha di Indonesia

Kesimpulan

Memilih nama perusahaan adalah keputusan penting dalam memulai bisnis. Nama perusahaan yang baik mencerminkan identitas bisnis, mengkomunikasikan pesan yang sesuai kepada pelanggan, dan dapat tumbuh bersama bisnis. Nama perusahaan adalah salah satu aset berharga yang dapat membantu membangun citra merek di mata pelanggan, jadi pilihlah yang sesuai dengan tujuan awal perusahaan.

Qlausul hadir memberikan solusi bagi pemilik bisnis hingga investor. Layanan kami mencakup perizinan dan digital marketing yang bisa dipilih sesuai kebutuhan. Jika perusahaan Anda membutuhkan jasa perizinan maka Qlausul adalah pilihan yang tepat. Silahkan hubungi tim kami melalui +62 851 7326 1177 atau email hello@qlausul.com untuk mendapatkan konsultasi secara gratis.

Author

Dienra

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Open chat
Powered by Qlausa
Selamat datang di Qlausul, ada yang bisa kami bantu ?